Kamis, 18 April 2013

Sejarah PD. BPRS Cilegon Mandiri



PD. BPR Syariah Cilegon Mandiri merupakan Badan Usaha Milik Daerah Kota Cilegon yang didirikan dengan Perda No.07 Tahun 2002. Kemudian mendapat Izin Prinsip dari Bank Indonesia No.05/236/BPS pada tanggal 5 Februari 2003 dan Izin Usaha No.5/2/Kep.Dpg/2003 pada tanggal 9 April 2003.

Kegiatan bank dikelola oleh Direktur dan Manager Operasional, yaitu H. Tb. Abdul Nasser, SE dan Idar Sudarma.  Dewan Direksi merupakan profesional yang berpengalaman dalam mengelola manajemen baik bank konvensional maupun bank syariah yang sudah lulus  fit and proper test  oleh Bank Indonesia.

Bank mulai beroperasi pada bulan April 2003 dan secara bertahap sejak mendapat izin prinsip, bank dipersiapkan baik struktur, standar prosedur operasional maupun sumberdaya insani untuk menjalankan aktifitas usaha bank.

Sumberdaya insani merupakan salah satu aset terpenting dari bank.  Kegiatan operasional bank dikelola 42 orang staf yang memiliki latar belakang pendidikan berbagai disiplin ilmu dari strata Diploma (D3), Sarjana (S1) dan Magister (S2) dari berbagai perguruan tinggi.  Dengan latar belakang pendidikan yang baik disertai dengan pelatihan dan pendidikan internal maupun eksternal yang berkelanjutan, bank memiliki sumberdaya insani yang mampu menjalankan aktifitas usaha bank dengan baik pula.  




ORGANISASI

Dewan Komisaris
Komisaris Utama  : Tb. Dikrie Wardhana, SE., MM
Anggota               :Drs. Ade Nasrudin, Msi

Dewan Pengawas Syariah
Ketua                  : Drs. H. Fajri Ali, MM

Dewan Direksi

Direktur Utama   :  -
Direktur              :  H. Tb. Abdul Nasser, SE.

VISI, MISI, DAN STRATEGI

Pertumbuhan ekonomi dan usaha di Kota Cilegon memerlukan dukungan lembaga keuangan syariah yang dapat dijangkau oleh masyarakat dan dapat memberikan jasa pelayanan yang baik sekaligus menjadi bagian dari milik warga Kota Cilegon.  Lembaga keuangan syariah ini memenuhi harapan mengenai perlu adanya lembaga keuangan yang berbasis prinsip syariah yang dimiliki oleh segenap warga Kota Cilegon.

Eksistensi BPR Syariah Cilegon Mandiri dilandasi oleh keinginan untuk menumbuhkan badan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menjadi badan usaha yang kompetitif dan mampu berkembang menjadi perusahaan yang lebih kuat dan besar. Selanjutnya perusahaan-perusahaan lokal kemudian menjadi pendorong bagi berkembangnya  kewirausahaan yang lebih luas.

Diharapkan struktur dan institusi ekonomi Kota Cilegon bertambah baik seiring dengan semakin kuatnya lembaga keuangan dan badan usaha syariah. Lebih jauh lagi, lembaga keuangan syariah juga dapat berperan dalam pengelolaan zakat, infaq, shadaqah dan hibah sebagai bagian yang penting dalam menjalankan fungsi sosial bank syariah. 

Membangun kualitas kehidupan umat melalui perbankan syariah sebagai salah satu pilar dari kemandirian ekonomi masyarakat Kota Cilegon. Menguatkan pilar ekonomi dengan menerapkan prinsip-prinsip syariah dalam mengelola keuangan yang amanah dan profesional.

Kebijakan, prosedur dan operasional perbankan menggunakan asas amanah dan professional sebagai fundamen untuk menetapkan niat dan cara mencapai tujuan BPR Syariah Cilegon Mandiri. Melalui strategi ini Bank diarahkan menjadi lembaga perbankan syariah yang menjadi pilihan umat dalam menjalankan kegiatan ekonomi.

JASA PERBANKAN SYARIAH

BPR Syariah Cilegon Mandiri menjalankan aktifitas usaha perbankan syariah melalui penghimpunan dan penyaluran dana dari masyarakat dalam bentuk produk  dan jasa :


1.      Tabungan
·         Tabungan Kemandirian
·         Tabungan Wadiah
·         Tabungan Haji & Umroh (Taharoh)

2.      Deposito Mudharabah
·         Berjangka 1 bulan
·         Berjangka 3 bulan
·         Berjangka 6 bulan, dan
·         Berjangka 12 bulan

3.      Pembiayaan (Bagi hasil dan Jual beli)
·         Mudharabah
·         Musyarakah
·         Murabahah
·         Istishna

4.      Pinjaman Al-Qardh
5.      Sewa Ijarah
6.      Gadai Ar-Rahn

Bank syariah juga menjalankan fungsi sebagai Baitul Maal yang menghimpun dan mengelola dana zakat, infaq, dan shadaqah untuk selanjutnya disalurkan kepada yang berhak menerima (Mustahiq).

PERKEMBANGAN BANK

Perkembangan bank pada tahun 2008 dan diproyeksikan sampai akhir 2009 bank mengalami pertumbuhan yang pesat. Data aset bank menunjukkan kenaikan mencapai 9 persen.  Rasio pembiayaan yang disalurkan terhadap dana pihak ketiga yang dihimpun oleh bank (Financing to Deposit Ratio) mengalami kenaikan mencapai angka 126 persen, dan pendapatan bank naik 10 persen.

Penempatan dana abadi bertambah sebesar Rp 5 milyar dengan tujuan untuk melaksanakan Program Pembangunan Perumahan bagi Pejabat Pemerintah Kota Cilegon yang disalurkan melalui pembiayaan Istishna’ di mana pemerintah Kota Cilegon memberikan penghargaan kepada para pegawainya dengan menghibahkan tanah seluas 120m2 dan pembangunan rumah bekerja sama dengan pengembang dan Bank selaku pemberi pembiayaan.

Pendapatan bank sebagian besar masih berasal dari margin Istisha dan Murabahah dan pembiayaan didominasi skim Istishna’ yang diluncurkan pada pertengahan tahun 2007.  Melihat pertumbuhan dan perkembangan berbagai indikator tersebut tampak Bank mengalami banyak kemajuan sejak Bank beroperasi.

5 komentar:

  1. saya mau menjadi marketing dari bprs cilegon mandiri bagaimana caranya? apa tidak ada recruitmen karyawan no.saya 087771190559

    BalasHapus
  2. assalamualaikum saya mau lihat laporan keuangan tahunan bprs cilegon mandiri caranya gimana yaa?

    BalasHapus
  3. assalamualaikum saya mau lihat laporan keuangan tahunan bprs cilegon mandiri caranya gimana yaa?

    BalasHapus
  4. email addres yang bener nya yang mana ya? cilegonbank@plasa.com fail terus

    BalasHapus
  5. ini kisah nyata saya . . . .

    perkenalkan nama saya wanda hamidah, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksud yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
    Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Muh. Rasheed atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
    Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..

    BalasHapus